Jelaskan Pengertian Terminologis Tentang Masyarakat


Jelaskan Pengertian Terminologis Tentang Masyarakat

Jelaskan pengertian terminologis tentang masyarakat ?​

1. Jelaskan pengertian terminologis tentang masyarakat ?​


Pengertian terminologis mengenai masyarakat adalah:

Kelompok manusia yang hidup serta bekerja sama dalam waktu yang sangat lama sehingga mereka memiliki kemampuan mengatur diri yang disertai pandangan bahwa diri mereka merupakan satu kesatuan sosial dengan batas-batas yang telah terumuskan dengan jelas (pendapat Ralph Linton).

Baca lebih banyak lagi tentang pengertian kata sosial https://brainly.co.id/tugas/1383651

» Penjelasan Soal

Adapun menurut ahli Sosiologi dari dalam negeri yakni Selo Sumarjan bahwa secara terminologis yang dimaksud dengan masyarakat yakni orang-orang yang menetap dan hidup bersama-sama yang kemudian menghasilkan apa yang kita kenal sebagai kebudayaan.

Pelajari lebih lanjut tentang nilai-nilai kemasyarakatan dalam hidup https://brainly.co.id/tugas/13230810

Dari dua pandangan ahli di atas, bisa disimpulkan bahwa secara istilah atau terminologis, yang dimaksud dengan masyarakat adalah orang-orang yang memandang diri mereka sebagai sebuah kesatuan yang utuh karena sudah hidup bersama sekian lama dalam sistem yang disepakati bersama-sama.

Ketahui lebih dalam mengenai keragaman sosial ekonomi https://brainly.co.id/tugas/18755011

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

» Detil Jawaban

Kode   : -

Kelas  : SMA

Mapel : PPKN

Bab    : -

#TingkatkanPrestasimu


2. . jelaskan pengertian terminologis tentang masyarakat ?


Jawaban:

JAWABAN

• kelompok manusia yang hidup serta bekerja sama dalam waktu yang sangat lama sehingga mereka memiliki kemampuan mengatur diri yang disertai pandangan bahwa diri mereka merupakan satu kesatuan sosial dengan batas" yang telah dirumuskan dengan jelas

Penjelasan:

semoga membantu ya :))


3. Jelaskan pengertian terminologis tentang masyarakat ?


Jawaban:

Jelaskan pengertian terminologis tentang masyarakat ?


4. A. Jelaskan pengertian terminologis tentang masyarakat ?.


Jawaban:

Pengertian terminologis tentang masyarakat adalah :kelompok manusia yang hidup dan berkerja sama dalam waktu yang sangat lama sehingga mereka memiliki kemampuan mengatur diri mereka merupakan satu kesatuan sosial dengan batas yang telah dirumuskan dengan jelas

semoga membantu:)

5. Jelaskan pengertian Pancasila secara terminologis!


Jawaban:

pancasila adalah dasar negara yang terdiri dari 5 bagian

pancasila adalah 5 dasar negara


6. Elaskan pengertian terminologis tentang masyarakat ?


Jawaban:

Jadi terminologis masyarakat adalah sekelompok individu yang memiliki hubungan erat yang disebabkan oleh kesamaan dalam sistem, tradisi, konvensi dan hukum yang mengarah kepada kehidupan yang kolektif dimana di dalam sistem tersebut masyarakat saling berhubungan satu sama lainnya dalam bentuk suatu kesatuan

Penjelasan:

semoga membantu

(dari:admin brainly official)


7. jelaskan pengertian globalisasi secara terminologis


suatu proses yg menyeluruh atau mendunia dimana setiap orang tidak terikat oleh negara atau batas batas wilayah , artinya setiap individu  dapat terhubung dan saling bertukar informasi dimanapun dan kapanpun melalui media elektronik maupun cetak .

8. Pengertian terminologis tentang masyarakat


Jawaban:

Terminologis dalam masyarakat artinya suatu konsep,gabungan yang digunakan masyarakat untuk mencakup pembentukan suatu budaya.


9. Jelaskan pengertian terminologis tentang masyarakat


Jawaban:

wtf

Penjelasan

coba tanya pak rt mungkin dia tau


10. Jelaskan pengertian konflik secara terminologis !


Pengertian konflik sosial menurut terminologi diantaranya dari seorang tokoh yang bernama Taquiri dan Davis mendeskripsikan pemahaman konflik sosial adalah sebagai kondisi yang sudah wajar terjadi dikarenakan kondisi ini timbul dari turun temurun dalam lingkungan sosial dengan berbagai macam penyebab bisa berupa pertentangan dan lain sebagainya.

Pembahasan:

Melalui pemahaman konflik sosial menurut Taquiri dan Davis konflik sesuatu yang mudah timbul dan terbiasa ditemukan dalam kajian sosiologi sehingga secara tidak langsung konflik menjadi sesuatu kebutuhan atau sesuatu yang sudah ada pada setiap diri individu. Dalam memahami konflik menurut Taquiri dan Davis maka ditemukan beberapa kesimpulan dari makna konflik sosial tersebut diantaranya:

Konflik muncul ketika ada perbedaan satu sama lain dari kedua belah pihak atau individu baik berupa pendapat, opini atau lain sebagainya.Konflik sosial dapat meningkat dan dapat menurun sesuai dengan cara pengelolaan penyelesaian konflik tersebut misalnya konflik sosial akan menimbulkan kondisi yang terus berkembang dan menjadi budaya masyarakat seperti kekerasan antar budaya, agama dan lainnya jika tidak memiliki solusi perdamaian antar dua pihak.Konflik sosial memiliki tingkatan yang dimulai dari kesalah pahaman kemudian berlangsung pada tingkatan dendam dan kontraversi yang tidak menemukan solusi penyelesaian hingga efek sampingnya berupa kekerasan seperti penyerangan dan lainnya.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang konflik sosial https://brainly.co.id/tugas/1681030

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4


11. Pengertian terminologis tentang masyarakat, adalah....


Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang memiliki kodrat untuk saling membutuhkan satu sama lainnya. Sekelompok individu yang disebut masyarakat terbentuk disebabkan karena adanya suatu hasrat yang berkaitan dengan  perasaan dan pikiran yang memberi respon terhadap lingkungan di sekelilingnya.

Sebelum  mengetahui terminologis masyarakat, ada baiknya penulis menjabarkan terlebih dahulu pengertian atau defenisi dari terminologis. Terminologis sendiri memiliki arti ilmu yang mempelajari tentang peristilahan sebuah kata, batasan,  defenisi dan makna dari  penggunaanya dalam  suatu konteks kalimat.

Jadi terminologis masyarakat adalah sekelompok individu yang memiliki hubungan erat yang disebabkan oleh kesamaan dalam sistem, tradisi, konvensi  dan hukum yang mengarah kepada kehidupan yang kolektif dimana di dalam sistem tersebut masyarakat saling berhubungan satu sama lainnya dalam bentuk suatu kesatuan.

Pembahasan:

Pengertian Masyarakat Menurut Paul.B.Horton

Masyarakat merupakan kumpulan manusia yang memiliki kemandirian dengan bersama-sama untuk jangka waktu yang lama dan juga mendiami suatu daerah atau wilayah tertentu. Di mana dalam wilayah tersebut memiliki kebudayaan yang tidak berbeda di dalam kelompok tersebut.

Jenis Masyarakat

Masyarakat Modern : masyarakat yang sudah tidak terikat dan mulai meninggalkan adat dan tradisi yang sebelumnya dianut karena menganggap adat dan tradisi tersebut menghambat mereka untuk maju dan  mulai mengadopsi nilai-nilai baru yang lebih rasional, membawa pembaharuan serta kemajuan.Masyarakat Tradisional : masyarakat yang masih terikat adat dan tradisi yang telah diwarisi secara turun temurun. Kehidupan mereka sangat tergantung sekali dengan lingkungan alam.

Fungsi Masyarakat

Fungsi Interaksi : menyangkut koordinasi  yang dibutuhkan unit-unit yang memberikan kontribusi dalam sistem sosial.Fungsi  Pemeliharaan : berkaitan antara masyarakat dengan sub sistem kultural.Fungsi untuk mencapai tujuan : fungsinya mengatur hubungan masyarakat sebagai suatu sistem sosial dengan substansi kepribadian dengan skala prioritas dari berbagai tujuan yang ingin dicapai.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang  terminologi  masyarakat dalam kajian https://brainly.co.id/tugas/23130709

Materi tentang pengertian terminologi  tentang masyarakat  https://brainly.co.id/tugas/34782405

Materi tentang pengertian terminologi secara bahasa https://brainly.co.id/tugas/10427981

Detail Jawaban

Kelas : 7

Mapel : IPS

Bab : 7 – Interaksi  Sosial

Kode : 7.8.7

#AyoBelajar#SPJ2


12. Pengertian terminologis tentang masyarakat dalam islam


Jawaban:

Jadi terminologis masyarakat adalah sekelompok individu yang memiliki hubungan erat yang disebabkan oleh kesamaan dalam sistem, tradisi, konvensi dan hukum yang mengarah kepada kehidupan yang kolektif dimana di dalam sistem tersebut masyarakat saling berhubungan satu sama lainnya dalam bentuk suatu kesatuan.


13. jelaskan pengertian pancasila secara terminologis ?


Pengertian Pancasila secara Terminologis :Proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 itu telah melahirkan negara Republik Indonesia. Untuk melengkapi alat-alat perlengkapan negara sebagaimana lazimnya negara-negara yang merdeka, maka panitia Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) segera mengadakan sidang. Dalam sidangnya tanggal 18 Agustus 1945 telah berhasil mengesahkan UUD negara Republik Indonesia yang dikenal dengan UUD 1945. Adapun UUD 1945 terdiri atas dua bagian yaitu Pembukaan UUD 1945 dan pasal-pasal UUD 1945 yang berisi 37 pasal, 1 aturan Aturan Peralihan yang terdiri atas 4 pasal dan 1 Aturan Tambahan terdiri atas 2 ayat.yang artinya lima dasar kesusilaan yang berisi tentang larangan

14. . jelaskan pengertian terminologis tentang masyarakat dalam islam


Jawaban:

Pengertian terminologis mengenai masyarakat adalah:

Kelompok manusia yang hidup serta bekerja sama dalam waktu yang sangat lama sehingga mereka memiliki kemampuan mengatur diri yang disertai pandangan bahwa diri mereka merupakan satu kesatuan sosial dengan batas-batas yang telah terumuskan dengan jelas (pendapat Ralph Linton).

Adapun menurut ahli Sosiologi dari dalam negeri yakni Selo Sumarjan bahwa secara terminologis yang dimaksud dengan masyarakat yakni orang-orang yang menetap dan hidup bersama-sama yang kemudian menghasilkan apa yang kita kenal sebagai kebudayaan.


15. Jelaskan pengertian tari secara terminologis


jawab: Secara terminologi fiqih, tarian berarti gerakan berayun kekanan-kiri, atas bawah dengan pergerakan yang teratur dan seimbang. Dari definisi diatas dapat dipahami bahwa tari pada hakikatnya merupakan suatu gerakan badan. Setiap tari adalah gerakan, namun tidak setiap gerakan adalah tari.


16. Pengertian terminologis tentang masyarakat adalah....


Jawaban:

pengertian Terminologis dalam masyarakat adalah artinya suatu konsep atau gabungan yang digunakan masyarakat untuk mencakup pembentukan suatu budaya

Penjelasan:

Terminologi adalah ilmu yang tentang berisikan istilah-istilah perkataan atau bisa lebih jelas nya ialah ilmu untuk menjelaskan pengertian dari beberapa istilah.

semoga bermanfaat

maaf jika salah


17. Jelaskan pengertian koloniasme secara terminologis


Jawaban:

suatu sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal


18. jelaskan pengertian pancasila secara terminologis


Proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 itu telah melahirkan negara Republik Indonesia. Untuk melengkapi alat-alat perlengkapan negara sebagaimana lazimnya negara-negara yang merdeka, maka panitia Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) segera mengadakan sidang. Dalam sidangnya tanggal 18 Agustus 1945 telah berhasil mengesahkan UUD negara Republik Indonesia yang dikenal dengan UUD 1945. Adapun UUD 1945 terdiri atas dua bagian yaitu Pembukaan UUD 1945 dan pasal-pasal UUD 1945 yang berisi 37 pasal, 1 aturan Aturan Peralihan yang terdiri atas 4 pasal dan 1 Aturan Tambahan terdiri atas 2 ayat.

19. Jelaskan pengertian terminologis


Jawaban:

Terminologi (bahasa Latin: terminus) atau peristilahan adalah ilmu tentang istilah dan penggunaannya. Istilah (bahasa Arab: اصطلاح‎, iṣṭilāḥ) adalah kata dan gabungan kata yang digunakan dalam konteks tertentu. Kajian terminologi antara lain mencakup pembentukannya serta kaitan istilah dengan suatu budaya.

Jawaban:

Terminologi (bahasa Latin: terminus) atau peristilahan adalah ilmu tentang istilah dan penggunaannya. Istilah (bahasa Arab: اصطلاح‎, iṣṭilāḥ) adalah kata dan gabungan kata yang digunakan dalam konteks tertentu. Kajian terminologi antara lain mencakup pembentukannya serta kaitan istilah dengan suatu budaya. Ahli dalam terminologi disebut dengan juru istilah "terminologist" dan kadang merupakan bagian dari bidang penerjemahan

Penjelasan:

Jenis-jenis istilah Sunting

Ada dua macam istilah:

1. Istilah khusus: kata yang pemakaiannya dan maknanya terbatas pada suatu bidang tertentu, misalnya pencakar langit (bangunan), agregat (ekonomi).

2. Istilah umum: kata yang menjadi unsur bahasa umum, misalnya ambil alih, daya guna, kecerdasan, dan tepat guna merupakan istilah umum.

Istilah dalam bahasa Indonesia bersumber pada kosakata umum bahasa Indonesia, kosakata bahasa serumpun, dan kosakata bahasa asing. Proses pembentukan istilah dimulai dengan pemadanan atau penerjemahan, misalnya "camera" menjadi kamera; dan gabungan penerjemahan dan penyerapan,misalnya subdivision menjadi subbagian.

semoga membantu ; )


20. Jelaskan pengertian Pancasila secara terminologis!​


Jawaban:Pancasila merupakan dasar negara NKRI yang sah dan tidak bisa dirubah lagi. Proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 telah melahirkan NKRI.

Penjelasan:

Penjelasan:

Secara Terminologis=>

Proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 itu telah melahirkan negara Republik Indonesia. Untuk melengkapi alat-alat perlengkapan negara sebagaimana lazimnya negara-negara yang merdeka, maka panitia Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) segera mengadakan sidang. Dalam sidangnya tanggal 18 Agustus 1945 telah berhasil mengesahkan UUD negara Republik Indonesia yang dikenal dengan UUD 1945. Adapun UUD 1945 terdiri atas dua bagian yaitu Pembukaan UUD 1945 dan pasal-pasal UUD 1945 yang berisi 37 pasal, 1 aturan Aturan Peralihan yang terdiri atas 4 pasal dan 1 Aturan Tambahan terdiri atas 2 ayat.Dalam bagian pembukaan UUD 1945 yang terdiriatas empat alinea tersebut tercantum rumusan Pancasila sebagai berikut :

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

3. Persatuan Indonesia

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

5. Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia


Video Terkait


Komentar

Populer

Rongga Dada Dibangun Oleh Tulang-tulang

Berikut Ini Yang Termasuk Kelemahan Sejarah Sebagai Seni Adalah

Sukun Berkembang Biak Dengan Cara