Di Indonesia Jarang Sekali Terjadi Angin Siklon Karena


Di Indonesia Jarang Sekali Terjadi Angin Siklon Karena

Di Indonesia Jarang Sekali Terjadi Angin Siklon,Karena?

1. Di Indonesia Jarang Sekali Terjadi Angin Siklon,Karena?


*Siklon tropis terbentuk pada lintang >10 derajat (LU & LS)

*Suhu muka laut(SST atau Sea Surface Temperatur) di atas ±26,5o.

untuk lebih jelas buka aja web nya

http://phenomenaalam.blogspot.com/2010/12/siklon-tropis-tropical-cyclone.html

2. di indonesia, jarang sekali terjadi angin siklon karena


Jawaban:

suhu udara di semua daerah hampir sama

Di Indonesia jarang sekali terjadi angin siklon karena Letak Indonesia dekat khatulistiwa

Pembahasan:  
Lokasi Indonesia berdekatan dengan garis Khatulistiwa. Akibat dari lokasi ini adalah tidak adanya efek Coriolis akibat dari rotasi bumi. Sehingga, karena tidak ada efek Coriolis, uap air di udara dan suhu udara yang panas tidak bisa membentuk siklon tropis. Ini membuat Indonesia bebas dari badai tropis atau siklon tropis.
Efek Coriolis disebabkan pergerakan Bumi dan atmosfer udara di atasnya yang lebih cepat di daerah Khatulistiwa. Akibatnya, angin dari wilayah yang jauh dari Khatulistiwa akan dibelokkan ketika menuju arah Khatulistiwa. Sebaliknya angin dari dalam wilayah Khtulistiwa tidak akan dibelokkan sebab kecepatannya terhadap rotasi bumi masih sama.
Pembelokan karena efek Coriolis ini, menyebabkan angin dan arus laut di belahan Bumi utara berputar searah jarum jam. Sedangkan angin dan arus laut di belahan Bumi Selatan berputar berlawanan arah jarum jam.
Hal ini berbeda dengan Filipina atau Myanmar di utara Indonesia, yang agak berjauhan dengan Khatulistiwa  yang rawan badai tropis. Contoh badai topan ini adalah badai Nargis yang menghantam Myanmar pada tahun 2008 dan menewaskan lebih dari 200 ribu jiwa.



Maaf kalau salah

3. di indonesia jarang sekali terjadi angin siklon karena


Tiada tiupan angin moson timurindonesia hanya memiliki 2 musim tidak 4 musim.
semoga bermanfaat

4. Tolong bantu jawab ya. Di Indonesia, jarang sekali terjadi angin siklon karena...


suhu udara disemua daerah hampir sama

Semoga Membantu

5. hal yg membuat indonesia jarang terjadi angin siklon yaitu


karena letak indonesia dekat khatulistiwa


6. Proses terjadinya angin siklon dan angin anti siklon


Anginsiklonadalah udara yang bertekanan rendah dikelilingi udara yang bertekanan maksimum/memusat.Anginanti siklonadalah udara bertekanan maksimum dikelilingi udara bertekanan minimum/menyebar.Angin siklon belahan bumiutarabergerakberlawanan arah jarum jam, sedang angin siklon belahan bumiselatanbergeraksearah jarum jam.Angin anti siklon belahan bumiutarabergerak menyebarsearah jarum jam, sedang angin anti siklon belahan bumiselatanbergerak menyebarberlawanan arah jarum jam.


maaf klo salah

7. Mengapa Di indonesia jarang sekali terjadi angin siklon


krna indonesia negara tropisLetak Indonesia dekat khatulistiwa.
semoga membantu

8. kepulauan indonesia jarang mengalami bencana angin ribut akibat pengaruh siklon tropis secara langsung karena...


Indonesia negara yang begitu panas apa Lagin Kota DKI Jakarta jadi jarang sekali mengalami angin ribut

maaf kalo slhDi daerah khatulistiwa ada pertemuan kedua angin passat, yaitu angin passat timur laut dari belahan bumi utara, dan angin passat tenggara dari belahan bumi selatan.

Tempat pertemuan kedua angin passat disebut Daerah Konvergensi Antar Tropik (DKAT). DKAT adalah suatu zona atau wilayah yang memiliki suhu tertinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. DKAT ditandai dengan temperatur yang selalu tinggi sehingga massa udara tersebut dipaksa naik srcara vertikal (konveksi).

Hal ini menyebabkan DKAT terbebas dari adanya angin topan sehingga disebut daerah doldrums / teduh angin. Jadi di indonesia itu jarang mengalami bencana angin ribut karena setelah angin bertemu di DKAT, angin tsb akan kembali ke daerah subtropis seperti angin anti-passat.

Semoga membantu, maaf kalau salah

9. Diindonesia mengapa jarang terjadi angin siklon


Jawaban:

Indonesia jarang terjadi angin siklon karena negara Indonesia terletak pada garis khatulistiwa dimana matahari menyinari di setiap kawasan Indonesia secara merata pada 365 hari dalam setahun


10. Dimana lokasi angin siklon? Dan pada lintang berapa terjadinya angin siklon?


silon tropis dikenal dengan berbagai istilah di muka bumi,yaitu badai tropis atau typhoon atau topan jika terbentuk di samudra pasifik barat,siklon atau cylone jika terbentuk di sekitar india atau  dan australia,hurricane jika terbentuk di samudra atlantik



11. Mengapa di Indonesia terjadi angin pasat dan antipasat serta angin siklon dan antisiklon?


Jawaban:

karena sudah takdir oleh Allah SWT


12. Di indonesia sering terjadi angin siklon karena


Indonesia sering terjadi angin siklon karena?

jawaban:

karena Indonesia terletak di garis khatulistiwa


13. Di indonesia jarang sekalai terjafi angin siklon karena


Jawaban:

Equator or Garis kathulistiwa

Penjelasan:

karena indonesia terletak di garis katulistiwa


14. Di Indonesia jarang sekali terjadi angin siklon karena ....


Jawaban:

Angin siklon jarang terjadi di Indonesia karena wilayah Indonesia terletak di sekitar garis khatulistiwa yang termasuk wilayah yang tidak akan dilalui oleh lintasan siklon. Karena posisi tersebut menyebabkan tidak adanya efek coriolis akibat rotasi Bumi.

Jawaban:

 karena wilayah Indonesia terletak di sekitar garis khatulistiwa yang termasuk wilayah yang tidak akan dilalui oleh lintasan siklon.

maaf kalo salahh


15. 6.di indonesia jarang sekali terjadi angin siklon karena letak indonesia dekat khatulistiwa mengapa demikian ?


selain alasan yg anda berikan adapun yang mendukung yaitu letak Indonesia yang berada di lintang rendah.

16. mengapa di indonesia terjadi angin pasat dan antipasat serta angin siklon dan antisiklon?


Jawaban:sudah takdir dari Tuhan

Penjelasan:

Angin Siklon: Pengertian, Jenis

Angin adalah salah satu betuk anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Angin merupakan sumber daya alam (baca: sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak) yang mempunyai banyak karakteristik yang berbeda- beda. Dengan karakteristik yang demikian maka angin dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis- jenis angin yang ada di Bumi antara lain sebagai berikut:

Angin tetap

Jenis angin yang pertama adalah angin tetap. Sesuai dengan namanya, angin tetap merupakan angin yang sifatnya tidak berganti- ganti arah. Yang dimaksud dengan angin tetap adalah angin yang mempunyai arah berhembus yang tetap sepanjang tahun. Angin tetap dibagi menjadi dua macam, yakni angin pasatdan juga angin antipasat. Mungkin kita telah mendengar nama kedua angin ini. angin pasat merupakan angin yang bertiup dari daerah yang memiliki iklim subtropis ke daerah yang yang mempunyai iklim tropis atau equator. Sementara angin antipasat merupakan merupakan kebalikan dari angin pasat, yakni angin yang berhembus dari daerah beriklim tropis atau equator menuju ke daerah beriklim subtropis.

Angin muson atau musim

Jenis angin yang selanjutnya adalah angin muson atau yang biasa disebut angin musim atau angin munsoon. Angin muson atau angin musim merupakan angin yang berhembus secara periodik, minimal 3 bulan, dan antara periode satu dengan periode yang lain mempunyai pola yang berlawanan yang berganti arah secara berlawanan pada periode berikutnya. Biasanya periode adalah setengah tahun. Pada setengah tahun pertama biasanya akan bertiup angin darat yang sifatnya kering, sedangkan setengah tahun berikutnya akan bertiup angin laut yang sifatnya basah. Indonesia juga mengalami angin ini, maka dari itulah Indonesia mengalami dua musim yang berbeda (baca: musim di Indonesia) dan berganti setiap setegah tahun sekali yakni musim kemarau dan musim penghujan. Kaitan antara musim yang berganti dengan angin pasat ini dapat dijelaskan secara ilmiah. Angin pasat ini dibagi menjadi angin pasat timur dan juga angin pasat barat.

Angin darat

Jenis angin yang selanjutnya adalah angin darat. Sesuai dengan namanya, angin darat merupakan angin yang berasal dari darat. Angin darat merupakan angin yang berhembus dari daratan ke laut. Angin darat ini biasanya berhembus pada malam hari, yakni sekitar pukul delapan malam hingga pukul empat pagi. Dan angin darat ini seringkali dimanfaatkan oleh nelayan tradisional untuk berangkat ke laut (baca: macam-macam laut). Sehingga tidak heran apabila kita menjumpai nelayan- nelayan pergi melaut justru pada saat malam hari.

Angin laut

Jenis angin yang selanjutnya adalah angin laut. Angin laut merupakan kebalikan dari angin darat. Seperti namanya, angin laut merupakan angin yang berasal dari lautan. Angin laut merupakan angin yang berhembus dari lautan ke daratan (baca: ekosistem darat). Angin ini biasanya berhembus pada saat siang hari, yakni mulai pukul sembilan pagi hingga sekitar pukul empat sore. Angin ini juga sering dimanfaatkan oleh nelayan untuk pulang dari melaut. Maka dari itu kita sering melihat bahwa nelayan pulang dari melaut pada pagi hari dan langsung membawa tangkapan ikannya ke pasar atau tempat pelelangan ikan.agi hingga sekitar pukul

Angin gunung

Selanjutnya adalah angin gunung. Angin gunung merupakan angin yang berasal dari gunung. Angin gunung berhembus dari puncak gunung menuju ke lembah, maka dari itu angin ini dinamakan sebagai angin gunung.

Angin lembah

Angin lembah merupakan kebalikan dari angin gunung. Yang dinamakan angin lembah adalah angin yang berhembusa dari daerah lembah menuju ke puncak gunung. Maka dari itu angin ini dinamakan sebagai angin lembah.

Angin fohn atau angin jatuh

Angin yang selanjutnya adalah angin fohn atau yang disebut juga angin jatuh. Angin fohn atau angin jatuh merupakan angin yang terjadinya sesuai dengan jenis hujan, misalnya seperti hujan orografis. Angin jenis ini berhembus di suatu wilayah tertentu dengan temperatur dan kelengasan yang berbeda- beda. Angin fohn atau jatuh ini terjadi karena adanya gerakan massa udara yang naik ke pegunungan yang mana tingginya lebih dari 200 meter, naik pada satu sisi dan turunpada sisi yang lainnya. Angin fohn atau angin jatuh yang berasal dari puncak gunung mempunyai sifat panas dan kering karena uap air tersebut sudah hilang dibuang pada saat hujan orografis.

Angin siklon

Jenis angin yang selanjutnya adalah angin siklon. Angin siklon merupakan angin yang masuk ke daerah pusat tekanan rendah atau yang biasa disebut dengan daerah depresi yang dikelilingi oleh wilayah- wilayah pusat tekanan tinggi yang kemudian berputar mengelilingi garis- garis isobar. Sama seperti angin pasat yang mempunyai kebalikan, angin siklon juga mempunyai kebalikan yang disebut dengan angin antisiklon.


17. di indonesia , jarang sekali terjadi angin siklon karena


karena indonesia negara yang tropis dan jarang sekali terjadi , setiap tahun saja angin siklon terjadi menurut saya, :
Angin siklon tetjadi ketika angin masuk ke daerah pusat yang bertekanan rendah (daerah depresi) dan juga yang dikelilingi oleh wilayah-wilayah pusat yang bertekanan tinggi kemudian berputar mengelilingi garis-garis isobar. Sedangkan Indonesia tidak.

semoga membantu.maaf jika salah.
Gbu ☺

18. kepulauan indonesia jarang mengalami bencana angin ribut akibat pengaruh siklon tropis secara langsung karena?


angin nya dari negara asing tidak sampai keindonesia

19. Kenapa di Indonesia jarang terjadi angin siklon


Karena letak Indonesia dekat khatulistiwa

20. mengapa di indonesia jarang sekali mengalami angin siklon


karena indonesia beriklim tropis, biasanya terjadinya di tengah laut yang beriklim sedang

Video Terkait


Komentar

Populer

Rongga Dada Dibangun Oleh Tulang-tulang

Berikut Ini Yang Termasuk Kelemahan Sejarah Sebagai Seni Adalah

Sukun Berkembang Biak Dengan Cara